Pajak : Definisi, Unsur, Fungsi, dan Jenis Pajak Serta Pengusaha Kena Pajak (PKP)

Share

Pembaca budiman, dalam artikel ini akan dibahas mengenai definisi pajak, unsur pajak, fungsi pajak, jenis pajak serta Pengusaha Kena Pajak (PKP), yuukk pantengin…. pertama-tama akan dibahas mengenai Definisi Pajak dan Unsur Pajak. Definisi pajak menurut undang-undang No. 28 Tahun 2007 Pasal 1 angka 1 tentang Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan setelah perubahan ketiga: “Pajak adalah kontribusi wajib kepada negara yang terutang oleh orang pribadi atau badan yang bersifat memaksa berdasarkan Undang-undang, dengan tidak mendapatkan imbalan secara langsung dan digunakan untuk keperluan negara bagi sebesar – besarnya kemakmuran rakyat.”

Selain itu terdapat beberapa definisi pajak yang diungkapkan para ahli di bidang perpajakan, salah satunya menurut Soemitro dalam Mardiasmo (2011), “Pajak adalah iuran yang diberikan oleh warga negara kepada kas negara berdasarkan undang-undang (yang dapat dipaksakan) dengan tidak mendapat jasa timbal balik yang langsung dapat ditujukan, dan yang digunakan untuk membayar pengeluaran umum”.

Sedangkan menurut Adriani dalam Waskito (2011), “Pajak adalah iuran masyarakat kepada negara (yang dapat dipaksakan) yang terutang oleh wajib pajak membayarnya menurut peraturan-peraturan umum dengan tidak mendapat prestasi kembali yang langsung dapat ditunjuk dan yang gunanya adalah untuk membiayai pengeluaran-pengeluaran umum berhubungan dengan tugas negara untuk menyelenggarakan pemerintahan.”

Kami merupakan jasa olah data spss murah di jakartakonsultan jasa pengolahan data spss di Jakarta Depok Tangerang Bekasi. selain menerima jasa olah data spss, kami juga menerima jasa olah data eviews, jasa olah data stata, jasa olah data sem amos, jasa olah data sem lisrel, jasa olah data sem pls, jasa olah data expert choice,maupun jasa olah data minitabJasa olah data spss ini untuk olah data skripsi, tesis, disertasi, maupun penelitian lain yang membutuhkan jasa olah data spss, selain olah data spss, kami juga melayani olah data eviews, olah data stata, olah data amos, olah data lisrel, olah data pls / smartpls, olah data expert choice, olah data minitab, olah data R, dan lain-lain.

Hubungi kami di :

Telp/WhatsApp: 08571 5200 869

Dari definisi diatas, menurut Mardiasmo (2011) dapat disimpulkan bahwa pajak memiliki unsur-unsur sebagai berikut:

  1. Iuran dari rakyat kepada Negara. Yang berhak memungut pajak adalah Negara dan iuran tersebut berupa uang (bukan barang).
  2. Berdasarkan Undang-Undang. Pajak dipungut berdasarkan atau dengan kekuatan undang-undang serta aturan pelaksanaannya.
  3. Tanpa jasa timbal balik atau kontraprestasi dari negara secara langsung. Dalam pembayaran pajak tidak dapat ditunjukkan adanya kontraprestasi individual oleh pemerintah.

Fungsi Pajak

Mardiasmo (2011) mengemukakan bahwa pajak merupakan sumber penerimaan negara yang mempunyai empat fungsi yaitu:

  1. Fungsi anggaran (budgetair) bahwa pajak sebagai sumber dana bagi pemerintah, untuk membiayai pengeluaran-pengeluarannya.
  2. Fungsi mengatur (regulerend) bahwa pajak berfungsi sebagai alat untuk mengatur atau melaksanakan kebijakan-kebijakan dibidang sosial dan ekonomi.
  3. Fungsi stabilitas bahwa dengan adanya pajak, pemerintah memiliki dana untuk menjalankan kebijakan yang berhubungan dengan stabilitas harga sehingga inflasidapat dikendalikan. Hal ini bisa dilakukan antara lain dengan jalan mengatur peredaran uang di masyarakat, pemungutan pajak, penggunaan pajak yang efektif dan efisien.
  4. Fungsi distribusi yaitu pajak digunakan untuk membiayai semua kepentingan umum, termasuk juga untuk membiayai pembangunan sehingga dapat membuka kesempatan kerja, yang pada akhirnya akan dapat meningkatkan pendapatan masyarakat.

yaa… Kami terima jasa olah data spss murah di jakartakonsultan jasa pengolahan data spss di Jakarta Depok Tangerang Bekasi. selain menerima jasa olah data spss, kami juga menerima jasa olah data eviews, jasa olah data stata, jasa olah data sem amos, jasa olah data sem lisrel, jasa olah data sem pls, jasa olah data expert choice,maupun jasa olah data minitabJasa olah data spss ini untuk olah data skripsi, tesis, disertasi, maupun penelitian lain yang membutuhkan jasa olah data spss, selain olah data spss, kami juga melayani olah data eviews, olah data stata, olah data amos, olah data lisrel, olah data pls / smartpls, olah data expert choice, olah data minitab, olah data R, dan lain-lain.

Di banyak kampus, sebagian mahasiswa membutuhkan jasa olah data spsskonsultan jasa pengolahan data spss, oleh karena itu sejak tahun 1998 kami sudah mulai melayani jasa olah data spsskonsultan jasa pengolahan data spss di Jogja dan Solo, Jateng. kemudian sejak tahun 2008 kami mulai melayani jasa olah data spsskonsultan jasa pengolahan data spss di Jakarta Depok Tangerang Bekasi (Jabodetabek). Itulah mengapa Anda tidak usah ragu untuk meminta kami membantu Anda dalam melakukan olah data spsskonsultan jasa pengolahan data spss di Jakarta Depok Tangerang Bekasi (Jabodetabek). 

Selain kami telah lama hadir di pulau Jawa, jaringan kami juga sudah banyak melayani klien di pulau-pulau lain: sumatera, kalimantan, sulawesi, bali, ntt, ntb, maluku, maluku utara. Dengan dibimbing oleh para konsultan kami dari profesional & akademisi di berbagai bidang seperti konsultan riset, statistik, bank, telekomunikasi, ekonomi, psikologi, politik, energi dll. Konsultan kami sudah terbiasa dalam melakukan olah data spss / pengolahan data spss. Konsultan kami merupakan lulusan S3, S2, S1 dari luar & dalam negeri (UI, UGM, ITS, IPB, Unpad, UNS, UII, dll). Selama kuliah, konsultan kami sudah terbiasa dalam melakukan olah data spss, olah data eviews, olah data stata, olah data amos, olah data lisrel, olah data pls / smartpls, olah data expert choice, olah data minitab, olah data R, atau olahdata untuk mengerjakan tugas-tugas selama kuliah.

Selain itu, konsultasi olah data spss / pengolahan data spss untuk Skripsi Tesis Disertasi sangat simpel by Online (Telp, SMS, WA, Line, email, BBM, FB, Twitter, dll). Nah ini jadi salah satu kemudahan dalam konsultasi untuk olah data spss / pengolahan data spss. Pengiriman materi hasil olah data spss / pengolahan data spss untuk Skripsi Tesis Disertasi dilakukan secara online, jadi  Anda tidak perlu repot untuk bertatap muka. Bila diperlukan tatap muka, lokasi pertemuan sangat flexibel sesuai kesepakatan bersama. Pengiriman hasil olah data spss pun dilakukan secara online, hemat waktu, biaya, tenaga :).

Anda juga akan dibimbing sampai mengerti. Bila diperlukan, dilakukan simulasi dengan software statistik(spss, eviews, stata, amos, lisrel, pls, Expert Choice, SAS, NodeXL, Minitab, R, ArcView, MapInfo, dll). Apabila mengalami kesulitan dengan hasil olah data spss / pengolahan data spss, maka kami akan bantu Anda sampai Anda mengerti dengan hasil olah data spss / pengolahan data spss tersebut.

Itulah Berbagai Pertimbangan Kenapa Anda Harus Memilih AnalisisData.Com sebagai Konsultan Jasa Olah data SPSS Murah / Jasa Analisa Data Statistik untuk Skripsi Tesis Disertasi / Konsultan Jasa Olah Data SPSS Eviews Stata Lisrel AMOS PLS Murah di jakarta bogor tangerang bekasi (jabodetabek). So…segeralah hubungi kami…

Hubungi kami di :

Telp/WhatsApp:

08571 5200 869

Jenis-Jenis Pajak

Menurut Siti (2011), pajak dapat di kelompokan ke dalam kelompok, yaitu :

  1. Jenis Pajak Menurut Golongannya
  2. Pajak langsung, yaitu pajak yang harus dipikul sendiri oleh Wajib Pajak dan tidak dapat dibebankan atau dilimpahkan kepada orang lain. Contoh : Pajak Penghasilan.
  3. Pajak tidak langsung, yaitu pajak yang pada akhirnya dapat dibebankan atau dilimpahkan kepada orang lain. Contoh : Pajak Pertambahan Nilai.
  4. Jenis Pajak Menurut Sifatnya
  5. Pajak Subjektif, yaitu pajak yang berpangkal atau berdasarkan pada subjeknya, dalam arti memperhatikan keadaan diri Wajib Pajak. Contoh : Pajak Penghasilan.
  6. Pajak Objektif, yaitu pajak yang berpangkal pada objeknya, tanpa memperhatikan diri Wajib Pajak. Contoh : Pajak Pertambahan Nilai dan Pajak Penjualan atas Barang Mewah.
  7. Jenis Pajak Menurut pemungut dan pengelolanya
  8. Pajak Pusat, yaitu pajak yang dipungut oleh pemerintah pusat dan digunakan untuk membiayai rumah tangga negara. Contoh : Pajak Penghasilan, PPN dan PPnBM, dan Bea Materai.
  9. Pajak Daerah, yaitu pajak yang dipungut oleh pemerintah daerah dan digunakan untuk membiayai rumah tangga daerah. Contoh : Pajak Kendaraan Bermotor, Pajak Restoran, Pajak Hiburan.

Pengusaha Kena Pajak (PKP)

Menurut Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2007 Pasal 1 angka 5, Pengusaha Kena Pajak (PKP) adalah pengusaha yang melakukan penyerahan Barang Kena Pajak dan/atau Jasa Kena Pajak yang dikenai pajak berdasarkan Undang-Undang Pajak Pertambahan Nilai 1984 dan perubahannya. (UU KUP)

Kewajiban Pengusaha Kena Pajak (PKP) menurut Undang-Undang Nomor 42 Tahun 2009 yang merupakan perubahan ketiga dari Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1993, mewajibkan :

  1. Melaporkan usahanya untuk dikukuhkan sebagai Pengusaha Kena Pajak.
  2. Memungut PPN dan PPnBM yang terutang.
  3. Membuat faktur pajak atas setiap penyerahan kena pajak.
  4. Membuat nota retur dalam hal terdapat pengembalian BKP.
  5. Melakukan pencatatan atau pembukuan mengenai kegiatan usahanya.
  6. Menyetorkan Pajak Pertambahan Nilai yang masih harus dibayar dalam hal Pajak Keluaran lebih besar daripada Pajak Masukan yang dapat dikreditkan serta menyetorkan Pajak Penjualan atas Barang Mewah yang terhutang.
  7. Meyampaikan Surat Pemberitahuan Masa PPN

yaa… Kami terima jasa olah data spss murah di jakartakonsultan jasa pengolahan data spss di Jakarta Depok Tangerang Bekasi. selain menerima jasa olah data spss, kami juga menerima jasa olah data eviews, jasa olah data stata, jasa olah data sem amos, jasa olah data sem lisrel, jasa olah data sem pls, jasa olah data expert choice,maupun jasa olah data minitabJasa olah data spss ini untuk olah data skripsi, tesis, disertasi, maupun penelitian lain yang membutuhkan jasa olah data spss, selain olah data spss, kami juga melayani olah data eviews, olah data stata, olah data amos, olah data lisrel, olah data pls / smartpls, olah data expert choice, olah data minitab, olah data R, dan lain-lain.

Di banyak kampus, sebagian mahasiswa membutuhkan jasa olah data spsskonsultan jasa pengolahan data spss, oleh karena itu sejak tahun 1998 kami sudah mulai melayani jasa olah data spsskonsultan jasa pengolahan data spss di Jogja dan Solo, Jateng. kemudian sejak tahun 2008 kami mulai melayani jasa olah data spsskonsultan jasa pengolahan data spss di Jakarta Depok Tangerang Bekasi (Jabodetabek). Itulah mengapa Anda tidak usah ragu untuk meminta kami membantu Anda dalam melakukan olah data spsskonsultan jasa pengolahan data spss di Jakarta Depok Tangerang Bekasi (Jabodetabek). 

Selain kami telah lama hadir di pulau Jawa, jaringan kami juga sudah banyak melayani klien di pulau-pulau lain: sumatera, kalimantan, sulawesi, bali, ntt, ntb, maluku, maluku utara. Dengan dibimbing oleh para konsultan kami dari profesional & akademisi di berbagai bidang seperti konsultan riset, statistik, bank, telekomunikasi, ekonomi, psikologi, politik, energi dll. Konsultan kami sudah terbiasa dalam melakukan olah data spss / pengolahan data spss. Konsultan kami merupakan lulusan S3, S2, S1 dari luar & dalam negeri (UI, UGM, ITS, IPB, Unpad, UNS, UII, dll). Selama kuliah, konsultan kami sudah terbiasa dalam melakukan olah data spss, olah data eviews, olah data stata, olah data amos, olah data lisrel, olah data pls / smartpls, olah data expert choice, olah data minitab, olah data R, atau olahdata untuk mengerjakan tugas-tugas selama kuliah.

Selain itu, konsultasi olah data spss / pengolahan data spss untuk Skripsi Tesis Disertasi sangat simpel by Online (Telp, SMS, WA, Line, email, BBM, FB, Twitter, dll). Nah ini jadi salah satu kemudahan dalam konsultasi untuk olah data spss / pengolahan data spss. Pengiriman materi hasil olah data spss / pengolahan data spss untuk Skripsi Tesis Disertasi dilakukan secara online, jadi  Anda tidak perlu repot untuk bertatap muka. Bila diperlukan tatap muka, lokasi pertemuan sangat flexibel sesuai kesepakatan bersama. Pengiriman hasil olah data spss pun dilakukan secara online, hemat waktu, biaya, tenaga :).

Anda juga akan dibimbing sampai mengerti. Bila diperlukan, dilakukan simulasi dengan software statistik(spss, eviews, stata, amos, lisrel, pls, Expert Choice, SAS, NodeXL, Minitab, R, ArcView, MapInfo, dll). Apabila mengalami kesulitan dengan hasil olah data spss / pengolahan data spss, maka kami akan bantu Anda sampai Anda mengerti dengan hasil olah data spss / pengolahan data spss tersebut.

Itulah Berbagai Pertimbangan Kenapa Anda Harus Memilih AnalisisData.Com sebagai Konsultan Jasa Olah data SPSS Murah / Jasa Analisa Data Statistik untuk Skripsi Tesis Disertasi / Konsultan Jasa Olah Data SPSS Eviews Stata Lisrel AMOS PLS Murah di jakarta bogor tangerang bekasi (jabodetabek). So…segeralah hubungi kami…

Hubungi kami di :

Telp/WhatsApp:

08571 5200 869

 
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *